14 April 2009

MENYAMBUT PROVINSI BARU KAPUAS RAYA

Oleh: Riyanto
Beberapa kabupaten sekarang sudah harap-harap cemas atau bahkan dag dig dug menanti putusan tentang pemekaran wilayah timur kalimantan barat yaitu pembentukan provinsi kapuas raya. Provinsi yang sudah santer menggalakan pembangunan untuk menjadi sebuah provinsi muda dan termuda di indonesia. Menjadi provinsi memang tidak mudah namun saya yakin provinsi kapuas raya akan terbentuk di tahun 2010 kenapa demikian ya karena geliat persetujuan pemerintah pusat sudah terlihat dari di izinkanya pembangunan bandara internasional di kabupaten sintang tidak hanya itu pembangunan yang terjadi khususnya di kota kabupaten sintang juga sangat pesat itu yang mendasari kenapa saya bisa yakin.
Sebagai pemuda penerus bangsa sudah sepantsnya kita memberikan yang terbaik buat daerah asal kita, sekarang memang kita tidak atau belum bertanggung jawab akan baik buruknya derah kita namun bebrapa tahun mendatang ketika kita menjabat pada pemerintahan daerah tersebut maka dengan otomatis kita yang bertanggung jawab. Baik atau buruknya provinsi baru ini sudah dapat diukur dari generasi pemuda sekarang, bila generasi sekarang baik maka kedepan akan baik, begitu juga sebaliknya. ini yang menjadi kersahan saya selaku pemuda yang masih memiliki rasa tanggung jawab terhadap daerah saya, karena tempat tinggal saya di perantaun merupakan milik pemrintah daerah dan akan di pertanggung jawabkan bilamana saya lulus kelak. Sesungguhnya ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya khususnya dan bagi kita untuk lebih maju bersaing untuk menjadi pemuda yang unggul dalam segala bidang termasuk bidang teknologi dan informasi, untuk menyambut provinsi kapuas raya para pemuda memang sudah menyiapkan ilmu dan pendidikan tinggi untuk berkompetisi dan bersaiang dengan daerah lain atau bahkan negeri lain. Namun tak lepas pula peran dari pemrintah daerah yang lebih proaktif dalam memperhatikan nasib pemuda yang sedang melanjutkan pendidikan di luar dari daerah tersebut.
Sebagai calon provinsi muda tentunya harus memilki modal ilmu yakni dengan banyak belajar dari provinsi-proinsi tua yang telah ada sejak jaman presiden soekarno, belajar dan belajar agar ketika terbentuk nanti provinsi ini sudah memiliki bekal yang matang dalam menempuh pemerintahan yang adil tentram dan aman yang siap untuk menunjukkan taringnya ke dunia luar. Membentuk karakter pemerintahan yang bersih memang harus diawali dengan pribadi yang berisih pula maka di tuntut kepekaan masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang bermoral dan berhati mulia serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Akhir dari tulisan ini mari kita semua berdoa dan berharap terbentuknya provinsi kapuas raya akan meningkatkan kesejahteraan bagi rakyat dan masyarakat karena itu tujuan utama dari sebuah pemekaran wilayah. Sehingga ketika sudah terbentuk provinsi nanti kita lebih sejahtera dan lebih baik dalam tatanan kehidupan kita. Amin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar